Manajemen Risiko

Pendekatan terencana dan positif pada potensi risiko membuat tim di pihak yang menyerang siap menerima perubahan.

risk management

Manajemen risiko adalah prediksi dan evaluasi risiko serta identifikasi prosedur untuk menghindari atau meminimalkan dampaknya. Risiko dapat dikurangi dengan menerapkan prosedur serta kebijakan yang dijabarkan secara baik dan terperinci yang mencakup tugas dan tanggung jawab terkait. Juga dibutuhkan sumber daya serta pelatihan aktif yang cukup agar mampu menciptakan hasil berdasarkan rencana manajemen risiko.

Di tingkat proyek, pengalaman menunjukkan bahwa pada saat semua anggota tim terlibat dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi potensi risiko, ketika risiko itu muncul, maka setiap individu menjadi lebih siaga untuk menyadari dan mengatasinya. Keuntungan lainnya adalah bahwa hal ini dapat mengurangi rasa takut menghadapi risiko, keadaan yang dapat melemahkan inovasi dan pemikiran kreatif.

Game pelatihan kepemimpinan berperan mendorong para pemimpin untuk mengembangkan beragam strategi untuk menciptakan lingkungan yang seimbang dalam mengambil risiko demi menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas di tim mereka. Dan hasilnya, para pemimpin dapat memanfaatkan game pembangun tim berbasis pengalaman yang mensimulasi situasi berisi potensi risiko dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menerapkan pendekatan inovatif dalam manajemen risiko bagi tim mereka. Di lingkungan pembelajaran yang tidak bersifat konfrontatif serta bebas tekanan, setiap individu dapat meningkatkan kemampuannya untuk mengidentifikasi risiko dan mengaplikasikan komunikasi dan strategi yang jelas untuk mengelolanya. Mereka menjadi terbiasa dan akrab dengan potensi risiko serta belajar menghadapinya, bukan berlari dari risiko. Kemampuan yang didapatkan dari pembelajaran ini dapat didiskusikan dan diterapkan dalam situasi-situasi nyata.

Lihatlah aktivitas-aktivitas pilihan populer terkait.
Butuh bantuan untuk memutuskan? Mencari yang lainnya?

Hubungi Kami