Kerja Sama Lintas Fungsi

Dorong semua orang dan tim dari berbagai bidang keahlian untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama.

	cross functional cooperation

Kerja sama lintas fungsi adalah sekelompok orang dengan beragam keahlian teknis berbeda yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Setiap orang dalam kelompok akan fokus pada bidang keahlian mereka namun memanfaatkan pengetahuan dan sumber daya bersama untuk memfasilitasi serta mempercepat keberhasilan meraih tujuan. Banyak tim manajemen proyek yang bersifat lintas fungsi, di antaranya orang-orang dari bidang keuangan, operasi, pemasaran, SDM dan TI untuk mengatasi tujuan menyeluruh yang rumit.

Semakin banyak perusahaan yang mendorong kerja sama lintas fungsi dan bahkan menjalankan bisnis mereka dengan tim lintas fungsi. Dahulu, fungsi dijalankan dengan budaya silo. Kini, dengan dibutuhkannya bisnis yang gesit dan pengambilan keputusan strategis di lingkungan yang kompleks, persyaratan bagi karyawan untuk berkomunikasi dan bekerja sama dalam membantu integrasi sistem dan proses baru secara mulus sudah menjadi keharusan. Selain itu, kerja sama lintas fungsi direkomendasikan sebagai cara untuk mengelola dan mencegah konflik yang berpotensi timbul akibat terjadinya perubahan.

Ketika orang-orang dengan gaya kerja dan fungsi beragam bersatu, hasil yang didapatkan bisa inovatif dan transformatif. Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa meskipun memiliki dampak positif, banyak tim lintas fungsi yang tidak berfungsi. Diwajibkan agar didefinisikan hierarki yang jelas dan dipahaminya aturan partisipasi serta komunikasi oleh semua orang. Pemimpin harus sangat memahami tentang perbedaan di antara kerja sama dan kolaborasi. Budaya berbagi perlu diciptakan dengan meluangkan waktu agar terjadi kolaborasi melalui pesan yang dijadwalkan, agar orang-orang belajar melakukannya juga dan menganggapnya sebagai norma, dengan menyadari nilainya. Dorong aktivitas berbagi cerita - baik kisah sukses maupun kemunduran secara transparan. Hindari penimbunan informasi dengan membangun platform tersendiri untuk berbagi pengetahuan yang mendorong dokumentasi ide-ide formal dan informal menjadi basis pengetahuan referensial.

Game bisnis berbasis pengalaman dan kegiatan membangun tim yang berfokus pada kolaborasi lintas fungsi dapat sangat membantu sebagai metafora untuk praktek kerja yang bersifat kooperatif. Latihan membangun tim yang mendorong terciptanya ikatan tim dan jaringan juga dapat berperan penting dalam memutuskan budaya silos.

Lihatlah aktivitas-aktivitas pilihan populer terkait.
Butuh bantuan untuk memutuskan? Mencari yang lainnya?

Hubungi Kami

Related Case Studies