15 team building activities to engage

15 Aktivitas Team Building untuk meningkatkan, mengembangkan kemampuan dan menumbuhkan ikatan tim

Diterbitkan pada 29 Jan 2019

Banyak karyawan yang memandang kata 'team building' dengan sikap skeptis atau tidak percaya. Akan tetapi, pada kenyataannya aktivitas yang didesain dengan baik memiliki kemampuan yang dapat meningkatkan dan menumbuhkan tim Anda. Manfaatnya bisa berupa kemampuan spesifik yang ingin Anda kembangkan, hingga ikatan dan persatuan tim; semuanya bergantung pada aktivitas tim building apa yang Anda pilih.

Di Catalyst Team Building ini, kami sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun melakukan penelitian terhadap aspek yang dapat membuat aktivitas team building bisa efektif, sambil pada prosesnya mendesain lebih dari 130 aktivitas team building kami sendiri. Menggunakan pengetahuan ini, kami mengumpulkan daftar singkat 15 aktivitas team building yang dapat menarik perhatian staf Anda dan membantu mereka mengembangkan kemampuan mereka sambil tetap bersenang-senang.

Dalam daftar berikut terdapat baik aktivitas terorganisir maupun kegiatan yang lebih kecil, yang dapat Anda terapkan di kantor Anda sendiri. Jadi, apa pun yang Anda cari, Anda akan dapat menemukan aktivitas team building yang sesuai dengan Anda.

Scavenger Hunt Bingo

Ini pendekatan klasik terhadap kegiatan team building dan menawarkan Anda banyak kebebasan untuk menciptakan fokus. Konsep dasarnya yakni membuat daftar bingo yang berisi tugas-tugas berbeda, kemudian bagilah para peserta menjadi beberapa tim dan minta mereka untuk menyelesaikan daftar bingo tersebut. Untuk pilihan yang lebih cepat, Anda bisa meminta para tim untuk hanya menyelesaikan sebaris tugas, bukan seluruhnya.

Scavenger Hunt Bingo utamanya fokus terhadap keikutsertaan dan persatuan tim. Akan tetapi, kapasitasnya untuk pembelajaran sangatlah luas karena Anda bisa membuat tugas-tugas bingo apa pun yang Anda inginkan. Jika Anda berharap untuk mengembangkan kemampuan tim Anda dalam berbaur dengan publik, maka buatlah tugas yang mengarah pada berbicara dengan orang asing. Atau jika Anda ingin melatih kooperasi tim dan kemampuan pemecahan masalah, maka buatlah tugas untuk menyelesaikan puzzle bersama. Kemungkinannya tak terbatas dalam aktivitas team building ini.

Beat the Box

Beat the Box

Beat the Box adalah aktivitas team building inovatif yang menggabungkan pemikiran strategis dan manajemen waktu dengan kolaborasi tim dan kemampuan pemecahan masalah. Aktivitas ini tidak hanya menguji persatuan tim, tapi juga pengetahuan mereka terhadap kemampuan satu sama lain.

Para peserta diberikan kotak berisi empat koper. Setiap koper berisi puzzle dan misteri yang harus dipecahkan untuk membuka kombinasi untuk koper selanjutnya, semuanya dilakukan dalam batasan waktu yang ketat. Aktivitas ini bisa dibuat kompetitif atau kolaboratif, tergantung bagaimana Anda ingin mengembangkan para tim, dan memang didesain untuk menantang para peserta, membutuhkan kemampuan-kemampuan yang berbeda di saat yang sama dan mengajarkan pelajaran berharga.

Lihat video singkat mengenai Beat the Box dan cari tahu lebih lanjut.

A Knot of Hands

Aktivitas ini sangat singkat dan cocok jika Anda ingin menyatukan tim Anda bersama dan membantu mereka bersantai sejenak. Persiapannya sangat sederhana - mintalah para peserta berdiri dalam lingkaran kecil dengan saling berhadap-hadapan, lalu, minta setiap peserta mengulurkan tangan dan meraih tangan seseorang di sisi yang berseberangan. Setelah dilakukan, minta para peserta untuk melakukannya lagi dengan tangan mereka yang satunya, kali ini menggenggam tangan orang lain yang berbeda di sisi yang berseberangan. Sekarang, tantang para peserta untuk memisahkan diri sendiri tanpa saling melepas tangan satu sama lainnya.

Ini tantangan yang ternyata sulit yang membutuhkan kekompakan tim, komunikasi sempurna dan kepemimpinan yang baik sambil tetap mendorong semua peserta untuk turut ikut serta. Sempurna untuk membangun persatuan tim, mendorong kepemimpinan dan menghadirkan bagi para karyawan sesuatu untuk diperbincangkan selama beberapa hari ke depan.

Bridging the Divide - Teams Collaborate

Bridging the Divide

Kegiatan team building klasik lainnya dalam ranah yang lebih luas, Bridging the Divide menghadirkan pembangunan jembatan dalam tingkatan yang lebih tinggi. Para peserta dibagi menjadi beberapa tim dan masing-masing tim ditugaskan untuk membangun bagian dari jembatan berdasarkan permintaan spesifik dari pelanggan, dengan sumber daya dan batasan waktu yang terbatas. Setiap tim mengambil peran sebagai pelanggan dan penyedia, menambahkan tingkat kerumitan tugasnya seiring semua peserta harus merasakan kedua sisi yang berlainan.

Setelah waktunya habis, setiap tim bergabung bersama untuk menyatukan bagian-bagian mereka menjadi jembatan yang utuh yang kemudian diuji coba dengan mobil remot kontrol. Keberhasilannya dirasakan pula oleh perusahaan, sementara proses konstruksinya memerlukan komunikasi efektif, kerja sama tim dan perencanaan terorganisir.

Lihat video singkat mengenai Bridging the Divide dan cari tahu lebih lanjut.

Global Innovation Game - Teams learn effective communication and innvoation

Global Innovation Game

Berdasarkan pada pertunjukan televisi terkenal dan terkadang disebut sebagai “Shark Tank”, yang di Amerikanya adalah Dragon’s Den. Global Innovation Game adalah aktivitas team building yang menantang para peserta untuk menciptakan produk-produk dan ide-ide baru inovatif serta memasarkannya.

Potensi dari aktivitas ini sungguh luar biasa bergantung pada waktu dan sumber daya yang tersedia. Para peserta bisa diminta untuk mendesain aset untuk melengkapi pemasaran mereka, sehingga menekankan penggunaan kreativitas dan sumber daya tim. Atau, para tim bisa diberikan tugas untuk membuat produk yang bisa mengembangkan bisnis secara keseluruhan, memungkinkan Anda untuk menggunakan aktivitas team building sebagai sesi brainstorming yang menyenangkan. Apa pun yang Anda pilih, aktivitas ini membutuhkan kemampuan presentasi dan komunikasi luar biasa, yang digabungkan dengan perencanaan matang, penataan dan berpikir inovatif.

Sederhana, serba guna, efektif dan menyenangkan – semua yang Anda butuhkan. Cobalah Global Innovation Game.

Chain Reaction Table Top - teams learn to collaborate and discuss ideas and innovate

Chain Reaction Table Top

Chain Reaction Table Top menggabungkan kepuasan tersendiri dalam menciptakan sistem nan rumit dengan pendekatan metodologis untuk teknik-teknik mendesain, menguji dan pengembangan. Para peserta ditugaskan dengan diberikan kartu-kartu ide untuk membuat mekanika beruntun yang pada akhirnya meraih tujuan sederhana.

Agar dapat berhasil, para tim harus bisa bersabar dan bersikap metodologis dalam uji coba sistem mereka yang berbeda-beda, menggunakan kemampuan masing-masing sehingga bisa dengan efektif membuat mekanika rumit dari ide-ide yang terdapat di kartu ide. Aktivitas team building ini menuntut perhatian terhadap hal-hal kecil, manajemen proyek dan presisi, sambil tetap menyatukan tim dalam tujuan yang sama.

Lihat video singkat mengenai Chain Reaction Table Top dan cari tahu lebih lanjut.

Negative to Positive

Aktivitas ini hanya membutuhkan sedikit sekali peralatan dan lebih membutuhkan pendekatan reflektif terhadap pengembangan. Aktivitas Negative to Positive ini tentang menyadari hal-hal baik atau positif dan pembelajaran yang muncul dalam situasi yang kita biasanya lihat sebagai hal negatif. Untuk menjalankan aktivitasnya, para peserta harus dipasangkan dengan anggota dari tim lain yang sama-sama sudah pernah berbagi pengalaman kerja bersama - seperti proyek, tugas atau aktivitas sebelumnya. Lalu, salah satu peserta harus menyebutkan satu aspek negatif dari pengalaman bersama mereka tersebut dan pasangan mereka harus menunjukkan sisi positifnya. Kemudian mereka saling bergantian.

Tugas ini paling baik digunakan untuk tim berjumlah besar yang sudah berbagi banyak pengalaman bersama yang berbeda-beda, karena dapat membantu anggota tim untuk saling mengenal dengan lebih baik, sambil mendorong berpikir positif dalam menghadapi keberagaman. Untuk peningkatan tambahan, mintalah untuk saling bertukar pasangan setelah semua pengalaman bersama disebutkan.

Escape the Maze Team Building - Teams learn problem solving together in a fun way

Escape the Maze

Escape the Maze menyatukan pelacakan GPS dengan puzzle dan pemecahan masalah untuk menciptakan tantangan yang sangat interaktif dan menarik, di mana para peserta secara fisik menjelajah labirin virtual, sambil menyelesaikan petunjuk di sepanjang jalan.

Aktivitas ini sangat cocok untuk mendorong keikutsertaan bagi semua anggota tim. Dituntut adanya komunikasi sempurna, kemampuan kepemimpinan dan kooperasi, sehingga mengembangkan kemampuan tersebut melalui media dengan kompetisi sehat. Selama mengikuti aktivitas, para peserta harus menggunakan berbagai kemampuan untuk menyelesaikan masalah, menemukan fakta dan petunjuk penting, dan menggabungkan pengetahuan mereka untuk meraih tujuan yang lebih hebat - semua kemampuan yang sangat berharga di tempat kerja.

Lihat video singkat mengenai Escape the Maze dan cari tahu lebih lanjut.

Curious Combinations

Tujuan utama dari aktivitas team building ini adalah persatuan tim. Curious Combinations dilakukan dengan cara menulis setiap barang-barang yang berpasangan di selembar kertas yang berbeda - contohnya, 'sendok' dan 'garpu'. Setiap peserta kemudian ditempelkan selembar kertas di punggungnya dan mereka semua harus bisa menebaknya dengan memberikan pertanyaan 'ya' atau 'tidak' kepada peserta lain. Setelah mereka yakin dengan tulisan yang ada di punggung masing-masing, mereka harus mencari pasangannya.

Makna sesungguhnya muncul setelah para peserta menemukan pasangan masing-masing kemudian mereka harus mendiskusikan bagaimana mereka saling melengkapi dan kesamaan apa yang mereka miliki. Aktivitas team building ini menekankan bagaimana bahkan orang-orang yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda tetap memiliki kesamaan dalam satu dan lain hal. Aktivitas ini juga sangat mudah dan cepat dalam persiapannya, membuatnya menjadi salah satu pilihan paling serba guna dalam daftar ini.

orchestrate!  Individuals learn together the seemingly impossible is possible

Orchestrate!

Orchestrate! mempermainkan kecenderungan dasar manusia yang suka membatasi diri sendiri berdasarkan apa yang kita percaya dan apa yang kita bisa lakukan. Dalam Orchestrate!, para peserta harus bekerja sama mempelajari sebuah instrumen alat musik selama 90-120 menit, setelah itu seluruh anggota tim akan bergabung bersama lagi untuk memainkan simfoni layaknya sebuah orkestra.

Untuk membantu tim Anda meraihnya, disediakan tim musisi profesional untuk mengajarkan dasar-dasarnya dan membantu staf Anda berlatih. Kekuatan aktivitas team building ini terletak pada fakta bahwa tugasnya tampak sangat mustahil pada awalnya, sehingga membuat hasilnya jadi lebih mengesankan ketika tim Anda berhasil meraihnya. Ini aktivitas yang cemerlang untuk meningkatkan moral tim melalui kolaborasi dan memastikan bahwa semua orang berpartisipasi dan turut serta dalam kegiatannya.

Lihat video singkat mengenai Orchestrate! dan cari tahu lebih lanjut.

Wordsmiths

Wordsmiths sederhana dan efektif. Tugaskan tim Anda untuk membuat kata-kata spesifik hanya dengan menggunakan tubuh mereka. Aktivitas team building ini mudah diatur ukurannya, bergantung pada ukuran jumlah tim, untuk kelompok besar Anda dapat mencoba membuat sebuah kalimat daripada hanya sebuah kata. Yang diperlukan untuk kegiatan ini hanyalah tempat yang lapang dan kamera untuk mengambil gambarnya nanti!

Tugas ini membutuhkan kerja sama tim, kepemimpinan dan perencanaan agar dapat berhasil, sehingga menempatkannya sebagai aktivitas yang pas untuk memulai sesi atau pertemuan brainstorming apa pun.

Flat out F1 - Teams learn the joy of competing together as a team

Flat Out Formula One

Flat Out Formula One membutuhkan pelaksanaan dan perencanaan yang sempurna agar dapat berhasil, seiring setiap tim diminta untuk membuat mobil Formula One dari potongan-potongan karton. Ini berarti diperlukan pengukuran terinci dan kepemimpinan tim yang fokus. Untuk semakin meningkatkan staf, setelah setiap mobil Formula One selesai dibuat, mobil tersebut harus didekorasi dan diberikan brand sesuai identitas tim. Akhirnya, saatnya balapan bagi mobil-mobil Formula One tersebut dan pemenangnya diberikan hadiah.

Di setiap langkahnya, tugas ini menuntut kooperasi efektif dan perencanaan matang karena satu saja salah potong bisa menyebabkan masalah serius bagi struktur mobilnya. Jika Anda sedang mencari aktivitas team building yang lengkap dan menantang, maka aktivitas ini cocok untuk Anda.

Lihat video singkat mengenai Flat Out Formula One dan cari tahu lebih lanjut.

Personal Logo

Aktivitas team building lain yang singkat dan sangat terjangkau adalah tantangan Personal Logo. Para peserta diminta untuk meraih ke saku mereka untuk mengambil receh dan barang apa pun yang ada didalamnya, kemudian, dengan menggunakan barang-barang tersebut, mereka harus membuat logo diri sendiri. Nilai dari aktivitas ini tidak terletak pada kreativitasnya tapi pada penemuan dan kesadaran terhadap diri sendiri.

Setelah semua peserta membuat logo pribadi masing-masing, mereka harus mempresentasikannya ke kelompok, menjelaskan setiap bagiannya, mengapa mereka memilihnya dan bagaimana itu bisa mewakili mereka. Hadiah diberikan bagi logo terbaik dan paling kreatif yang paling mampu merepresentasikan pemiliknya. Melalui aktivitas ini, tim bisa saling mengenal dengan lebih baik, tanpa perlu menggunakan banyak sekali sumber daya dan waktu.

VR team building - The Infinite Loop - Process improvement together

The Infinite Loop

Menggunakan headset VR berteknologi tinggi dan puzzle yang rumit, The Infinite Loop merupakan tantangan komunikasi, manajemen waktu dan pemecahan masalah yang menuntut para tim bergerak melalui serangkaian puzzle untuk membebaskan seorang tahanan. Dengan hanya satu orang anggota tim yang boleh menggunakan headset VR dalam waktu yang sama, kunci sukses dalam aktivitas ini terletak pada proses berbagi informasi yang tepat dan akurat, serta pengambilan keputusan hebat mengenai apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Dengan kurva pembelajaran yang meningkat dan fokus pada pembelajaran melalui kesalahan, The Infinite Loop bukanlah aktivitas yang mudah, tapi sangat bermanfaat dan menuntut kemampuan yang terbaik dari para pesertanya. Menciptakan permasalahan kompleks yang dapat dengan mudah diterapkan pada dunia bisnis yang cerewet, ini memang aktivitas team building yang sangat berharga dan menarik.

Lihat video singkat mengenai The Infinite Loop dan cari tahu lebih lanjut.

The Classic Egg Drop

Terakhir, kita punya tantangan Egg Drop. Dengan menggunakan barang-barang dan peralatan kantor sederhana, para peserta ditugaskan untuk membuat kandang bagi telur mentah mereka yang dapat melindunginya saat dijatuhkan dari ketinggian satu meter.

Ini adalah aktivitas team building terkenal yang memerlukan perencanaan, penerapan dan penggunaan efektif sumber daya yang terbatas untuk meraih tujuan yang lebih tinggi. Sederhana, hemat biaya dan terbukti mampu mengembangkan kemampuan staf. Memang terkadang yang klasik tidaklah buruk.

Semoga postingan kali ini bisa memberikan Anda ide-ide untuk aktivitas atau kegiatan team building Anda selanjutnya. Di sini di Catalyst Team Building UK, kami sudah menghabiskan waktu berabad-abad meningkatkan kualitas produk kami untuk menciptakan aktivitas baru dan menarik yang dapat mengembangkan staf melalui media yang menyenangkan.

Cari tahu lebih lanjut mengenai aktivitas kami atau hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan.

Semua Artikel

Bacaan yang Direkomendasikan